Home » Berat Badan » Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dan Langkah-langkahnya

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dan Langkah-langkahnya

Cara efektif menjaga berat badan dan langkah-langkahnya ini kami sajikan bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan berat badan, terutama bagi pria atau pun wanita. Apalagi jika masalah berat badan tersebut sudah mulai menganggu dan tidak sedap di pandang, kemudian kelamaan akan menyebabkan percaya diri yang rusak dan merasa jelek karena kekurangan pada fisiknya.

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dan Langkah-langkahnya

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang efektif, serta langkah sukses untuk menjaga atau menurunkan berat badan, antara lain:

  1. Optimis dan percaya diri bahwa Anda bisa adalah langkah pertama yang penting. Walau banyak godaan datang menghadang, bahkan sering kali datang dari teman dekat Anda, selalu ingat lah bahwa Anda harus berhasil menurunkan berat badan maka Anda telah berada di jalur yang tepat. Jadikan orang orang yang telah berhasil menurunkan berat badan sebagai motivator untuk melawan segala godaan yang menggoda Anda.
  2. Biasakan diri untuk sarapan pagi/makan pagi. Sarapan pagi merupakan hal yang wajib dilakukan. Sarapan pagi akan memberikan anda cukup tenaga untuk beraktifitas seharian. Tidak perlu sarapan makanan yang berat berat, cukup pisang, yogurt, sereal, roti dan lain lain sebab makanan ringan yang mengandung banyak serat dan protein akan memberikan anda rasa kenyang hingga tiba waktunya makan siang.
  3. Perhatikan kalori dan kandungan gizi makanan yang Anda santap. Sediakan waktu sejenak untuk membaca kandungan gizi pada kemasan makanan. Yang perlu diperhatikan disini adalah kalori sebab zat inilah yang sangat berperanan dalam menambah berat badan anda bila dikonsumsi secara berlebihan. Sesuaikan kebutuhan energi/kalori anda dalam sehari dengan catatan yang tertera dalam kemasan tersebut.
  4. Jangan pernah melakukan diet. Untuk jangka pendek memang diet akan menurunkan berat badan anda, namun bila diet anda hentikan maka berat badan anda akan bertambah kembali. Makan makanan khusus untuk diet atau mengurangi beberapa jenis makanan tidak akan membuat berat badan anda turun. Yang penting dilakukan adalah memilih makanan yang tepat dan seimbang nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda sehingga kalori yang dimakan akan dimanfaatkan secara optimal.
  5. Selalu makan secara teratur. Tubuh secara unik akan menurunkan metabolisme bila sedang lapar, hal ini tentu tidak bagus untuk proses penurunan berat badan. Makanya jangan biasakan perut Anda dalam keadaan sangat lapar. Untuk menghindari hal tersebut maka buatlah pola makan harian yang bisa dan rutin anda lakukan setiap hari. Jadwal makan pokok yang bagus sedikitnya 3 kali sehari.

Hmm.. bagaimana? Lima langkah mudah dan cepat yang bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Cara yang cukup efektif dan semoga Anda sukses menurunkan berat badan.