Home » Kanker dan Tumor » Definisi Kanker Tenggorokan Gejala dan Penyebabnya

Definisi Kanker Tenggorokan Gejala dan Penyebabnya

Apakah Anda tahu apa pengertian atau definisi kanker tenggorokan gejala dan penyebabnya? Jika belum, maka kali ini adalah saat yang tepat untuk mempelajarinya bersama kami tim CaraSehat.org. Setelah sebelumnya kita telah mencoba mengupas pengertian/definisi, gejala dan tanda-tanda, penyebab serta pemicu, pengobatan dan pencegahan beberapa penyakit kanker seperti: kanker mulutkanker pencernaan, kanker kerongkongan, kanker serviks, kanker otakkanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus, kanker kandung kemih, maka kali ini adalah giliran penyakit kanker tenggorokan.

Definisi Kanker Tenggorokan Gejala dan Penyebabnya

Definisi kanker tenggorokan

Apakah kanker tenggorokan itu? Penyakit kanker tenggorokan adalah salah satu dari sekian banyak kanker kepala dan leher, pada umumnya melibatkan berbagai sel skuamosa. Jenis kanker ini biasanya akan mempengaruhi pada faring atau laring (kotak suara). Kanker tenggorokan adalah kanker ke-enam yang paling umum dilaporkan di seluruh dunia dan satu dengan rasio kematian yang tinggi di antara semua keganasan. Di Negara amerika saja, setidaknya ada 30.000 orang didiagnosis dengan lisan atau kanker tenggorokan setiap tahunnya.

Penyebab penyakit kanker tenggorokan

Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun beberapa hal dibawah ini diduga kuat sebagai penyebab serta pemicu munculnya penyakit kanker tenggorokan, antara lain: kebiasaan merokok dan minum alkohol; kegiatan oral seks yang tidak aman dan tidak bersih; kebiasaan menelan makanan atau minuman panas.

Gejala kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan biasanya berkembang pada permukaan mukosa laring, faring atau mulut. Ada berbagai macam gejala dan tanda-tanda yang berbeda mengenai kemunculan kanker tenggorokan. Namun gejala yang paling umum dari kanker tenggorokan adalah benjolan atau bintil di leher. Salah satu hal yang Anda harus sadar adalah jika suara Anda serak atau sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh dalam dua minggu, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter THT. Tidak semua perubahan suara merupakan awal dari kanker tenggorokan, namun demikian, dengan alas an keamanan, ada baiknya jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Pada kanker tenggorokan stadium awal, gejala umum yang sering dikeluhkan adalah adanya keluhan pada telinga seperti berupa berkurangnya pendengaran, telinga terasa penuh seperti terisi air, berdengung, gemrebeg dan kadang nyeri pada telinga. Selain itu juga adanya keluhan pada hidung semisal dijumpai pilek yang tidak sembuh-sembuh, banyak dan berbau, hidung terasa buntu.

Gejala awal tersebut mudah dan penting untuk diketahui, bahwa adanya benjolan pada leher menunjukkan suatu proses yang sudah lanjut, karena sudah terjadi penyebaran (metastasis) ke kelenjar-kelenjar di daerah leher.

Gejala lain yang sering pula ditemukan bila sudah terjadi penyebaran bisa berupa keluhan di luar tenggorok, seperti penglihatan terasa dobel hingga buta. Kulit di daerah pipi dan hidung kurang sensitif terhadap rasa sentuhan, nyeri kepala atau pusing. Keluhan di dalam tenggorok sendiri dapat ditemukan kesulitan menelan akibat massa tumor yang sudah membesar.

Gejala berikutnya adalah kesulitan menelan makanan padat. Bahkan jenis makanan cair pun terkadang sulit untuk ditelan dalam kondisi ini. Ketika ada rasa sakit yang konstan di telinga sambil menelan makanan, mungkin ini tanda tumor di tenggorokan. Biasanya gejala ini terjadi bersama dengan salah satu gejala lain dari kanker tenggorokan. Jika itu terjadi dengan benjolan atau sakit di tenggorokan, maka masalah keseriusan tinggi. Jenis gejala semacam ini dapat diperiksa oleh dokter THT.

Mencegah sebelum semuanya terlambat kami pikir jauh lebih baik daripada mengobati, apapun penyakitnya. Semoga saja artikel singkat tentang definisi, gejala dan penyebab kanker tenggorokan ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: