Home » Makanan Sehat » Menangkal Bakteri Ganas dengan Mengkonsumsi Madu

Menangkal Bakteri Ganas dengan Mengkonsumsi Madu

Menangkal Bakteri Ganas dengan Mengkonsumsi Madu – CaraSehat.ORG – Kami rasa sudah banyak yang tahu bahwa madu memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, madu yang biasanya dikenal sebagai obat tradisional ‘pasangan’ jamu, kini bisa menjadi senjata pamungkas melawan bakteri ganas seperti MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus).

Sebuah penelitian di Selandia baru menunjukkan, madu Manuka disebutkan efektif membunuh tiga jenis bakteri yang biasa menginfeksi saat tubuh terluka, termasuk antara lain kuman super MRSA.

Menangkal Bakteri Ganas dengan Mengkonsumsi Madu

Madu manuka adalah sejenis madu yang diproduksi lebah penghuni pohon manuka di Selandia Baru. Para ahli telah mengenal jenis madu ini sejak lama karena juga sering digunakan dalam produk-produk penyembuh luka modern.

Tim penelitian yang dipimpin oleh Profesor Rose Cooper, dari University of Wales Institute Cardiff (UWIC), menemukan fakta madu manuka mencegah perlekatan bakteri ke jaringan, suatu langkah penting dalam proses infeksi.

“Mencegah ikatan juga dapat menghambat pembentukan biofilm, yang dapat melindungi bakteri dari antibiotik dan membiarkan mereka menimbulkan infeksi secara terus menerus,” kata Cooper, seperti yang dilansir Daily Mail.

Studi lainnya yang dilakukan Cooper menunjukkan, madu manuka membuat MRSA menjadi lebih sensitif terhadap antibiotik seperti oksasilin atau secara efektif membalikkan resistensi antibiotik.

“Ini mengindikasikan bahwa antibiotika saat ini mungkin akan lebih efektif mengatasi infeksi yang disebabkan bakteri resisten jika dikombinasikan dengan madu manuka,” jelasnya.

Masih berdasarkan pendapat Cooper, penelitian dapat meningkatkan penggunaan madu klinis karena para dokter kini tengah dihadapkan pada masalah kian meningkatnya kasus resistensi obat.

“Kita perlu cara-cara inovatif dan efektif untuk mengontrol infeksi luka yang tidak mungkin untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan resistensi anti mikroba.”

“Ini akan membantu mengurangi penularan bakteri resisten antibiotik dari luka untuk pasien rentan,” pungkar Cooper.

Ternyata madu sangat bermanfaat dan baik sekali untuk kesehatan manusia.