Home » Ibu dan Bayi » Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB)

Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB)

Tips sehat dan cara alami mengatasi bayi susah buang air besar (BAB) – Sulit buang air besar/pup pada bayi sering kali dialami ketika ada masalah dengan Air Susu Ibu atau ASI (ASI terlalu kental), ada alergi dengan ASI, atau juga ketika bayi mulai mendapatkan tambahan susu formula. Bisa jadi tidak cocok atau alergi dengan susu formula tersebut, atau perbandingan takaran susu formula dan air kurang, dalam artian, susu formula kurang encer atau terlalu kental.

Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar (BAB)

Hal-hal seperti itu sering kali membuat si bayi susah buang air besar (bahasa Jawa: bebelen). Biasanya bayi akan menangis keras saat menjelang BAB karena terasa keras dan sulit dikeluarkan. Untunglah ada cara sehat alami mengatasi bayi yang susah BAB yaitu dengan memanfaatkan kunyit.

Caranya, kupas kulit kunyit, lalu potong dan bentuklah kunyit seperti pensil seukuran cotton bud (kira-kira diameter-nya 2-4 mm), dengan panjang secukupnya, kira-kira 3 – 5 cm. Jangan terlalu besar dan panjang karena nanti malah dapat melukai si bayi. Cuci potongan kunyit tersebut hingga bersih, lalu luluri dengan sabun bayi. Setelah itu masukkan ke dalam (maaf) lubang anus si bayi, lakukan ini ketika bayi menunjukkan tanda-tanda akan buang air besar. Biasanya ditandai dengan bayi mengangkat kedua kakinya, sambil mengeluarkan tenaga sekuatnya (bahasa Jawa: ngeden).

Putar-putarlah potongan kunyit tersebut kekiri dan kekanan beberapa kali, maka insya Allah bayi akan segera mengeluarkan faeces-nya. Segera keluarkan potongan kunyit tersebut dan biarkan bayi BAB dengan biasa.

Mengapa kunyit dapat membantu si bayi BAB atau mengeluarkan faeces?. Sebenarnya kunyit hanya berfungsi sebagai pancingan untuk membuat si bayi melakukan kontraksi otot di sekitar anus. Sehingga bayi akan terpacu untuk mengeluarkan faeces-nya.

Meski ini adalah cara alami, bukan berarti boleh dilakukan setiap hari. Jika ternyata bayi Anda selalu mengalami sulit buang air besar, maka langkah paling tepat adalah memeriksakannya ke dokter spesialis bayi terdekat dan terpercaya. Karena bisa jadi bayi Anda mengalami masalah dengan pencernaan, atau lebih tepatnya gangguan pada usus besar.

Oke, semoga cara sehat dan tips alami membantu serta mengatasi bayi susah air besar ini bermanfaat bagi Anda.